Kurikulum

SLB N Banjarnegara

STRUKTUR KURIKULUM

Struktur kurikulum SLB didasarkan pada struktur sekolah umum (SD, SMP, dan SMA), dengan menyesuaikan kebutuhan anak berkebutuhan khusus, yaitu keterampilan fungsional dan mata pelajaran penunjang kebutuhan tersebut.

Program Kebutuhan Khusus

Terdapat mata pelajaran Program Kebutuhan Khusus yang bertujuan untuk membantu anak memaksimalkan indra yang dimilikinya dan mengatasi keterbatasannya. Berikut adalah tujuan program masing-masing kebutuhan khusus:

  • Tunanetra: pengembangan orientasi, mobilitas, sosial, dan komunikasi
  • Tunarungu: pengembangan komunikasi, persepsi bunyi, dan irama
  • Tunagrahita: pengembangan diri
  • Tunadaksa: pengembangan diri dan gerak
  • Autis: pengembangan komunikasi, interaksi sosial, dan perilaku

Dibandingkan dengan K-13, tidak ada perubahan yang signifikan dalam jumlah jam pelajaran. Beban belajar per minggu bisa ditambah sesuai kebutuhan belajar murid dan/atau kebutuhan akademik, sosial, budaya, dan faktor lain yang dianggap penting.
Di SLB Negeri Banjarnegara di tahun ajaran 2023-2024 ini menggunakan dua (2) kurikulum yaitu Kurikulum Merdeka untuk kelas I-V SDLB, VII-VIII SMPLB dan X-XI SMALB, serta kurikulum 2013 yaitu kelas VI SDLB, IX SMPLB dan XII SMALB.

Penyesuaian Struktur Kurikulum SLB

  • Jam mata pelajaran paling besar adalah Seni dan Prakarya (SDLB) dan Keterampilan (SMPLB dan SMALB).
  • Mata pelajaran Bahasa Inggris bersifat pilihan.
  • Mata pelajaran Seni di SMPLB dan SMALB pada kelompok mata pelajaran umum berfungsi sebagai sarana apresiasi dan terapi.
  • Namun, mata pelajaran Seni pada kelompok keterampilan berfungsi sebagai pembekalan untuk profesi.

Struktur Per Jenjang

Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB)

  • Jumlah jam pelajaran di SDLB sama dengan jumlah mata pelajaran di SD umum.
  • Satu jam pelajaran di SDLB adalah 35 menit.
  • Sama seperti SD umum, IPAS diajarkan mulai kelas 3 SD.
  • Pembedanya adalah penekanan jam pelajaran beberapa mata pelajaran yang dianggap relevan dengan penyiapan keterampilan fungsional anak dan adanya program kebutuhan khusus.

(Asumsi 1 Tahun =36 minggu,1 JP=30 menit)

Mata PelajaranAlokasi intrakurikuler per tahun (minggu)Alokasi projek penguatan profil pelajar Pancasila per tahunTotal JP Per Tahun
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti*108 (3)36144
Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti*108 (3)36144
Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti*108 (3)36144
Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti*108 (3)36144
Pendidikan Agama Hindu dan] Budi Pekerti*108 (3)36144
Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti*108 (3)36144
Pendidikan Pancasila54 (2) **1872
Bahasa Indonesia108 (3)36144
Matematika54 (2) **1872
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan54 (2) **1872
Seni Budaya ***:
1. Seni Rupa
2 Seni Tari
252 (7)108360
Program Kebutuhan Khusus216 (6)216 (6)
Bahasa Inggris72 (2) ****72****
Muatan Lokal72 (2) ****72
Total *****:846 (25)2341080

Keterangan:

* Diikuti oleh peserta didik sesuai dengan agama masing-masing.
** Pembelajaran reguler tidak penuh 36 (tiga puluh enam) minggu untuk memenuhi alokasi projek 27 (dua puluh tujuh) minggu untuk Pendidikan Pancasila, Matematika, dan Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK).
*** Satuan pendidikan menyediakan minimal 1 (satu) jenis seni (seni musik, seni rupa, seni teater, dan/atau seni tari). Peserta didik memilih 1 (satu) jenis seni (seni musik, seni rupa, seni teater, atau seni tari).
**** Maksimal 2 (dua) JP per minggu atau 72 (tujuh puluh dua) JP per tahun sebagai mata pelajaran pilihan.
***** Total JP tidak termasuk mata pelajaran Bahasa Inggris, Muatan Lokal dan/atau mata pelajaran tambahan yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan

(Asumsi 1 Thn=36 minggu, 1JP=30 menit)

Mata PelajaranAlokasi intrakurikule r per tahun (minggu)Alokasi projek penguatan profil pelajar Pancasila per tahunTotal JP Per Tahun
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti*108 (3)36144
Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti*108 (3)36144
Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti*108 (3)36144
Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti*108 (3)36144
Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti*108 (3)36144
Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti*108 (3)36144
Pendidikan Pancasila54 (2) **1872
Bahasa Indonesia108 (3)36144
Matematika108 (3)36144
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan54 (2) **1872
Seni Budaya ***:
1. Seni Rupa
2. Seni Tari
252 (7)108360
Program Kebutuhan Khusus216 (6)216 (6)
Bahasa Inggris72 (2) ****72****
Muatan Lokal72 (2) ****72****
Total*****:900 (26)2521152

Keterangan:

* Diikuti oleh peserta didik sesuai dengan agama masing-masing.
** Pembelajaran reguler tidak penuh 36 (tiga puluh enam) minggu untuk memenuhi alokasi projek 27 (dua puluh tujuh) minggu untuk Pendidikan Pancasila, Matematika, dan Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK).
*** Satuan pendidikan menyediakan minimal 1 (satu) jenis seni (seni musik, seni rupa, seni teater, dan/atau seni tari). Peserta didik memilih 1 (satu) jenis seni (seni musik, seni rupa, seni teater, atau seni tari).
**** Maksimal 2 (dua) JP per minggu atau 72 (tujuh puluh dua) JP per tahun sebagai mata pelajaran pilihan.
***** Total JP tidak termasuk mata pelajaran Bahasa Inggris, Muatan Lokal dan/atau mata pelajaran tambahan yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan

(Asumsi 1 Thn=36 minggu, 1JP=30 menit)

Mata PelajaranAlokasi intrakurikul er per tahun (minggu)Alokasi projek penguatan profil pelajar Pancasila per tahunTotal JP Per Tahun
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti*108 (3)36144
Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti*108 (3)36144
Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti*108 (3)36144
Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti*108 (3)36144
Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti*108 (3)36144
Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti*108 (3)36144
Pendidikan Pancasila54 (2) **1872
Bahasa Indonesia72 (2)36108
Matematika72 (2)36108
Ilmu Pengetahuan Alam Sosial54 (2) **1872
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan54 (2) **1872
Seni Budaya ***:
1.Seni Rupa
2.Seni Tari
360 (10)144504
Program Kebutuhan Khusus216 (6)216
Bahasa Inggris72 (2) ****72****
Muatan Lokal72 (2) ****72****
Total*****:990 (29)3061296

Keterangan:

* Diikuti oleh peserta didik sesuai dengan agama masing-masing.
** Pembelajaran reguler tidak penuh 36 (tiga puluh enam) minggu untuk memenuhi alokasi projek 27 (dua puluh tujuh) minggu untuk Pendidikan Pancasila, Matematika, dan Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK).
*** Satuan pendidikan menyediakan minimal 1 (satu) jenis seni (seni musik, seni rupa, seni teater, dan/atau seni tari). Peserta didik memilih 1 (satu) jenis seni (seni musik, seni rupa, seni teater, atau seni tari).
**** Maksimal 2 (dua) JP per minggu atau 72 (tujuh puluh dua) JP per tahun sebagai mata pelajaran pilihan.
***** Total JP tidak termasuk mata pelajaran Bahasa Inggris, Muatan Lokal dan/atau mata pelajaran tambahan yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan

(Asumsi 1 Thn=36 minggu, 1JP=30 menit)

Mata PelajaranAlokasi intrakurikul er per tahun (minggu)Alokasi projek penguatan profil pelajar Pancasila per tahunTotal JP Per Tahun
Pendidikan Agama IslamBudi Pekerti*108 (3)36144
Pendidikan Pancasila54 (2) **1872
Bahasa Indonesia108 (3)36144
Matematika108 (3)36144
Ilmu Pengetahuan Alam Sosial54 (2) **1872
PJOK54 (2) **1872
Seni Budaya ***:
1. Seni Rupa
2. Seni Tari
360 (10)144504
Program Kebutuhan Khusus144 (4)144
Bahasa Inggris72 (2) ****72****
Muatan Lokal72 (2) ****72****
Total*****:990 (29)3061296

Keterangan:

* Diikuti oleh peserta didik sesuai dengan agama masing-masing.
** Pembelajaran reguler tidak penuh 36 (tiga puluh enam) minggu untuk memenuhi alokasi projek 27 (dua puluh tujuh) minggu untuk Pendidikan Pancasila, Matematika, dan Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK).
*** Satuan pendidikan menyediakan minimal 1 (satu) jenis seni (seni musik, seni rupa, seni teater, dan/atau seni tari). Peserta didik memilih 1 (satu) jenis seni (seni musik, seni rupa, seni teater, atau seni tari).
**** Maksimal 2 (dua) JP per minggu atau 72 (tujuh puluh dua) JP per tahun sebagai mata pelajaran pilihan.
***** Total JP tidak termasuk mata pelajaran Bahasa Inggris, Muatan Lokal dan/atau mata pelajaran tambahan yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan

MATA PELAJARAN ALOKASI WAKTU PERMINGGU
KELOMPOK A
1. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 4
2. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 2
3. Bahasa Indonesia 3
4. Matematika 3
5. Ilmu Pengetahuan Alam 2
6. Ilmu Pengetahuan Sosial 2
KELOMPOK B
7. Seni Budaya dan Prakarya 10
8. Bahasa Jawa 2
9. Mulok Dawet Ayu Banjarnegara 2
10. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan 2
KELOMPOK C
11. Program Kebutuhan Khusus 4
JUMLAH ALOKASI WAKTU PERMINGGU 36
Keterangan :
  1. Mata pelajaran umum Kelompok A merupakan program kurikuler yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan, dan kompetensi keterampilan peserta didik sebagai dasar dan penguatan kemampuan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara yang muatan dan acuannya dikembangkan oleh pusat.
  2. Mata pelajaran Kelompok B merupakan program kurikuler yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan, dan kompetensi keterampilan peserta didik terkait lingkungan dalam bidang sosial, budaya, dan seni yang muatan dan acuannya dikembangkan oleh pusat dan dapat dilengkapi dengan muatan lokal. Muatan lokal dapat berupa mata pelajaran yang berdiri sendiri, di SLB Negeri Banjarnegara muatan lokal dilaksanakan dengan rincian sebagai berikut ; 1) Muatan lokal Provinsi : Bahasa Jawa 2) Muatan lokal Kabupaten : Dawet ayu Banjarnegara Untuk muatan lokal Bahasa Jawa peserta didik tunarungu tidak dilaksanakan dan penambahan 2 jam pelajaran pada muatan lokal Dawet Ayu Banjarnegara.
  3. Kelompok C berupa program kebutuhan khusus yang diberikan sesuai dengan kekhususan peserta didik. Program Kebutuhan Khusus untuk: 1) Hambatan penglihatan adalah Pengembangan Orientasi, Mobilitas, Sosial dan Komunikasi (POMSK); 2) Hambatan pendengaran adalah Pengembangan Komunikasi, Persepsi Bunyi, dan Irama (PKPBI); 3) Hambatan berfikir adalah Pengembangan Diri (mencakup keterampilan merawat diri, keterampilan mengurus diri, keterampilan menjaga keselamatan dan kesehatan, keterampilan bekomunikasi, keterampilan bersosialisasi, keterampilan bekerja dan keterampilan menggunakan waktu luang.); 4) Hambatan gerak adalah Pengembangan Diri dan Gerak; dan 5) Autis berupa Pengembangan Komunikasi, Interaksi Sosial, dan Perilaku.

Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMPLB)

  • Struktur kurikulum SMPLB sama dengan SMP umum.
  • Satu jam pelajaran di SMPLB adalah 40 menit.
  • Pembedanya adalah jumlah jam pelajaran di mata pelajaran tertentu, adanya mata pelajaran keterampilan yang dapat dipilih sesuai bakat dan minat, serta adanya program kebutuhan khusus.

(Asumsi 1 Tahun = 36 minggu, 1 JP = 35 menit)

Mata PelajaranAlokasi intrakurikul er per tahun (minggu)Alokasi projek penguatan profil pelajar Pancasila per tahunTotal JP Per Tahun
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti*54 (2) **1872
Pendidikan Pancasila54 (2) **1872
Bahasa Indonesia54 (2) **1872
Matematika54 (2) **1872
Ilmu Pengetahuan Alam54 (2) **1872
Ilmu Pengetahuan Sosial54 (2) **1872
Bahasa Inggris***54 (2) **1872
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan54 (2) **1872
Seni Budaya ****:
1. Seni Rupa
2. Seni Tari
54 (2) **1872
Kelompok Keterampilan dapat memilih 2 (dua) atau lebih:
1. Tata Busana
2. Tata Boga
3. Tata Graha
4. Cuci Sepeda Motor
5. Seni Membatik
6. Pertanian
7. Kriya Kayu
468 (13)144612
Program Kebutuhan Khusus108 (3)108
Muatan Lokal72 (2) *****72*****
Total******1062 (34)3061368

Keterangan:
* Diikuti oleh peserta didik sesuai dengan agama masing-masing.
** Pembelajaran reguler tidak penuh 36 (tiga puluh enam) minggu untuk memenuhi alokasi projek 27 (dua puluh tujuh) minggu tiap mata pelajaran, kecuali Kelompok Keterampilan, Program Kebutuhan Khusus, dan Muatan Lokal.
*** Bahasa Inggris bersifat pilihan.
**** Satuan pendidikan menyediakan minimal 1 (satu) jenis seni (seni musik, seni rupa, seni teater, dan/atau seni tari). Peserta didik memilih 1 (satu) jenis seni (seni musik, seni rupa, seni teater, atau seni tari).
***** Maksimal 2 (dua) JP perminggu atau 72 (tujuh puluh dua) JP pertahun sebagai mata pelajaran pilihan.
****** Total JP tidak termasuk mata pelajaran Bahasa Inggris, Muatan Lokal dan/atau mata pelajaran tambahan yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan.

(Asumsi 1 Tahun = 36 minggu, 1 JP = 35 menit)

Mata PelajaranAlokasi intrakurikul er per tahun (minggu)Alokasi projek penguatan profil pelajar Pancasila per tahunTotal JP Per Tahun
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti*54 (2) **1872
Pendidikan Pancasila54 (2) **1872
Bahasa Indonesia54 (2) **1872
Matematika54 (2) **1872
Ilmu Pengetahuan Alam54 (2) **1872
Ilmu Pengetahuan Sosial54 (2) **1872
Bahasa Inggris***54 (2) **1872
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan54 (2) **1872
Seni Budaya ****:
1. Seni Rupa
2. Seni Tari
54 (2) **1872
Kelompok Keterampilan dapat memilih 2 (dua) atau lebih:
1. Tata Busana
2. Tata Boga
3. Tata Graha
4. Cuci Sepeda Motor
5. Seni Membatik
6. Pertanian
7. Kriya Kayu
468 (13)144612
Program Kebutuhan Khusus108 (3)108
Muatan Lokal72 (2) *****72*****
Total******1062 (34)3061368

Keterangan:
* Diikuti oleh peserta didik sesuai dengan agama masing-masing.
** Pembelajaran reguler tidak penuh 36 (tiga puluh enam) minggu untuk memenuhi alokasi projek 27 (dua puluh tujuh) minggu tiap mata pelajaran, kecuali Kelompok Keterampilan, Program Kebutuhan Khusus, dan Muatan Lokal.
*** Bahasa Inggris bersifat pilihan.
**** Satuan pendidikan menyediakan minimal 1 (satu) jenis seni (seni musik, seni rupa, seni teater, dan/atau seni tari). Peserta didik memilih 1 (satu) jenis seni (seni musik, seni rupa, seni teater, atau seni tari).
***** Maksimal 2 (dua) JP perminggu atau 72 (tujuh puluh dua) JP pertahun sebagai mata pelajaran pilihan.
****** Total JP tidak termasuk mata pelajaran Bahasa Inggris, Muatan Lokal dan/atau mata pelajaran tambahan yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan.

MATA PELAJARANALOKASI WAKTU PERMINGGU
KELOMPOK A
1.Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti2
2.Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan2
3.Bahasa Indonesia2
4.Matematika2
5.Ilmu Pengetahuan Alam2
6.Ilmu Pengetahuan Sosial2
7.Bahasa Inggris2
KELOMPOK B
8.Seni Budaya dan Prakarya2
9.Mulok Provinsi Bahasa Jawa2
10.Mulok Kabupaten Dawet Ayu Banjarnegara2
11.Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan2
12.Ketrampilan Pilihan14
KELOMPOK C
13.Program Kebutuhan Khusus2
JUMLAH ALOKASI WAKTU PERMINGGU38

Keterangan :

  1. Mata pelajaran umum Kelompok A merupakan program kurikuler yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan, dan kompetensi keterampilan peserta didik sebagai dasar dan penguatan kemampuan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara yang muatan dan acuannya dikembangkan oleh pusat.
  2. Mata pelajaran Kelompok B merupakan program kurikuler yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan, dan kompetensi keterampilan peserta didik terkait lingkungan dalam bidang sosial, budaya, dan seni yang muatan dan acuannya dikembangkan oleh pusat dan dapat dilengkapi dengan muatan lokal. Muatan lokal dapat berupa mata pelajaran yang berdiri sendiri, di SLB Negeri Banjarnegara muatan lokal dilaksanakan dengan rincian sebagai berikut ;
    1) Muatan lokal Provinsi : Bahasa Jawa
    2) Muatan lokal Kabupaten : Dawet ayu Banjarnegara
    Untuk muatan lokal Bahasa Jawa peserta didik tunarungu tidak
    dilaksanakan dan penambahan 2 jam pelajaran pada muatan lokal Dawet
    Ayu Banjarnegara.
    Pada mata pelajaran keterampilan pilihan, peserta didik memilih satu bidang keterampilan yang disediakan oleh satuan pendidikan. Di SLB Negeri Banjarnegara mengadakan 8 ketrampilan kerja antara lain :
    1) Pertanian
    2) Kriya Kayu
    3) Tata Busana
    4) Tata Boga
    5) Tata Graha
    6) Cuci Motor
    7) Bathik
  3. Kelompok C berupa program kebutuhan khusus yang diberikan sesuai dengan kekhususan peserta didik. Program Kebutuhan Khusus untuk:
    1) Hambatan penglihatan adalah Pengembangan Orientasi, Mobilitas, Sosial dan Komunikasi (POMSK);
    2) Hambatan pendengaran adalah Pengembangan Komunikasi, Persepsi Bunyi, dan Irama (PKPBI);
    3) Hambatan berfikir adalah Pengembangan Diri (mencakup keterampilan merawat diri, keterampilan mengurus diri, keterampilan menjaga keselamatan dan kesehatan, keterampilan bekomunikasi, keterampilan bersosialisasi, keterampilan bekerja dan keterampilan menggunakan waktu luang.);
    4) Hambatan gerak adalah Pengembangan Diri dan Gerak; dan
    5) Autis berupa Pengembangan Komunikasi, Interaksi Sosial, dan Perilaku.

Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMALB)

  • Struktur kurikulum SMALB sama dengan SMA umum.
  • Satu jam pelajaran di SMPLB adalah 45 menit.
  • Pembedanya adalah jumlah jam pelajaran di mata pelajaran tertentu, adanya mata pelajaran keterampilan yang dapat dipilih sesuai bakat dan minat, serta adanya program kebutuhan khusus.

(Asumsi 1 Tahun = 36 minggu, 1 JP = 40 menit)

Mata PelajaranAlokasi intrakurikul er per tahun (minggu)Alokasi projek penguatan profil pelajar Pancasila per tahunTotal JP Per Tahun
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti*54 (2) **1872
Pendidikan Pancasila54 (2) **1872
Bahasa Indonesia54 (2) **1872
Matematika54 (2) **1872
Ilmu Pengetahuan Alam54 (2) **1872
Ilmu Pengetahuan Sosial54 (2) **1872
Bahasa Inggris***54 (2) **1872
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan54 (2) **1872
Seni Budaya ****:
1. Seni Rupa
2. Seni Tari
54 (2) **1872
Kelompok Keterampilan dapat memilih 2 (dua) atau lebih:
1. Tata Busana
2. Tata Boga
3. Tata Graha
4. Cuci Sepeda Motor
5. Seni Membatik
6. Pertanian
7. Kriya Kayu
648 (18)216864
Program Kebutuhan Khusus72 (2)72
Muatan Lokal72 (2) *****72*****
Total******1206 (38)3781584

Keterangan:

* Diikuti oleh peserta didik sesuai dengan agama masing-masing.
** Pembelajaran reguler tidak penuh 36 (tiga puluh enam) minggu untuk memenuhi alokasi projek 27 (dua puluh tujuh) minggu tiap mata pelajaran, kecuali Kelompok Keterampilan, Program Kebutuhan Khusus, dan Muatan Lokal.
*** Bahasa Inggris bersifat pilihan.
**** Satuan pendidikan menyediakan minimal 1 (satu) jenis seni (seni musik, seni rupa, seni teater, dan/atau seni tari). Peserta didik memilih 1 (satu) jenis seni (seni musik, seni rupa, seni teater, atau seni tari).
***** Maksimal 2 (dua) JP perminggu atau 72 (tujuh puluh dua) JP pertahun sebagai mata pelajaran pilihan.
****** Total JP tidak termasuk mata pelajaran Bahasa Inggris, Muatan Lokal dan/atau mata pelajaran tambahan yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan.

(Asumsi 1 Tahun = 36 minggu, 1 JP = 40 menit)
Mata Pelajaran Alokasi intrakurikul er per tahun (minggu) Alokasi projek penguatan profil pelajar Pancasila per tahun Total JP Per Tahun
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti* 54 (2) ** 18 72
Pendidikan Pancasila 54 (2) ** 18 72
Bahasa Indonesia 54 (2) ** 18 72
Matematika 54 (2) ** 18 72
Ilmu Pengetahuan Alam 54 (2) ** 18 72
Ilmu Pengetahuan Sosial 54 (2) ** 18 72
Bahasa Inggris*** 54 (2) ** 18 72
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan 54 (2) ** 18 72
Seni Budaya ****: 1. Seni Rupa 2. Seni Tari 54 (2) ** 18 72
Kelompok Keterampilan dapat memilih 2 (dua) atau lebih: 1. Tata Busana 2. Tata Boga 3. Tata Graha 4. Cuci Sepeda Motor 5. Seni Membatik 6. Pertanian 7. Kriya Kayu 8. Budidaya Tanaman Hortikultura 9. Pijat/Akupresur 10. Teknik Penyiaran Radio 11. Seni Musik 12. Fotografi 13. Desain Grafis 14. Seni Tari 15. Seni Lukis 16. Elektronika Alat Rumah Tangga 17. Budidaya Perikanan 18. Budidaya Peternakan 720 (20) 216 936
Program Kebutuhan Khusus 72 (2)
Muatan Lokal 72 (2) ***** 72*****
Total****** 1278 (40) 378 1656
Keterangan: * Diikuti oleh peserta didik sesuai dengan agama masing-masing. ** Pembelajaran reguler tidak penuh 36 (tiga puluh enam) minggu untuk memenuhi alokasi projek 27 (dua puluh tujuh) minggu tiap mata pelajaran, kecuali Kelompok Keterampilan, Program Kebutuhan Khusus, dan Muatan Lokal. *** Bahasa Inggris bersifat pilihan. **** Satuan pendidikan menyediakan minimal 1 (satu) jenis seni (seni musik, seni rupa, seni teater, dan/atau seni tari). Peserta didik memilih 1 (satu) jenis seni (seni musik, seni rupa, seni teater, atau seni tari). ***** Maksimal 2 (dua) JP perminggu atau 72 (tujuh puluh dua) JP pertahun sebagai mata pelajaran pilihan. ****** Total JP tidak termasuk mata pelajaran Bahasa Inggris, Muatan Lokal dan/atau mata pelajaran tambahan yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan.
MATA PELAJARANKELAS DAN ALOKASI WAKTU PERMINGGU
XXIXII
KELOMPOK A
1.Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti222
2.Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan222
3.Bahasa Indonesia222
4.Matematika222
5.Ilmu Pengetahuan Alam222
6.Ilmu Pengetahuan Sosial222
7.Bahasa Inggris222
KELOMPOK B
8.Seni Budaya dan Prakarya222
9.Mulok Provinsi Bahasa Jawa222
10.Mulok Kabupaten Dawet Ayu Banjarnegara222
11.Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan222
12.Ketrampilan Pilihan202222
KELOMPOK C
13.Program Kebutuhan Khusus222
JUMLAH ALOKASI WAKTU PERMINGGU424444

Keterangan :

  1. Mata pelajaran umum Kelompok A merupakan program kurikuler yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan, dan kompetensi keterampilan peserta didik sebagai dasar dan penguatan kemampuan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara yang muatan dan acuannya dikembangkan oleh pusat.
  2. Mata pelajaran Kelompok B merupakan program kurikuler yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan, dan kompetensi keterampilan peserta didik terkait lingkungan dalam bidang sosial, budaya, dan seni yang muatan dan acuannya dikembangkan oleh pusat dan dapat dilengkapi dengan muatan lokal. Muatan lokal dapat berupa mata pelajaran yang berdiri sendiri, di SLB Negeri Banjarnegara muatan lokal dilaksanakan dengan rincian sebagai berikut ;
    1) Muatan lokal Provinsi : Bahasa Jawa
    2) Muatan lokal Kabupaten : Dawet ayu Banjarnegara
    Untuk muatan lokal Bahasa Jawa peserta didik tunarungu tidak
    dilaksanakan dan penambahan 2 jam pelajaran pada muatan lokal Dawet
    Ayu Banjarnegara.
    Pada mata pelajaran keterampilan pilihan, peserta didik memilih satu bidang keterampilan yang disediakan oleh satuan pendidikan. Di SLB Negeri Banjarnegara mengadakan 8 ketrampilan kerja antara lain :
    1) Pertanian
    2) Kriya Kayu
    3) Tata Busana
    4) Tata Boga
    5) Tata Graha
    6) Cuci Motor
    7) Bathik
  3. Kelompok C berupa program kebutuhan khusus yang diberikan sesuai dengan kekhususan peserta didik. Program Kebutuhan Khusus untuk:
    1) Hambatan penglihatan adalah Pengembangan Orientasi, Mobilitas, Sosial dan Komunikasi (POMSK);
    2) Hambatan pendengaran adalah Pengembangan Komunikasi, Persepsi Bunyi, dan Irama (PKPBI);
    3) Hambatan berfikir adalah Pengembangan Diri (mencakup keterampilan merawat diri, keterampilan mengurus diri, keterampilan menjaga keselamatan dan kesehatan, keterampilan bekomunikasi, keterampilan bersosialisasi, keterampilan bekerja dan keterampilan menggunakan waktu luang.);
    4) Hambatan gerak adalah Pengembangan Diri dan Gerak; dan
    5) Autis berupa Pengembangan Komunikasi, Interaksi Sosial, dan Perilaku.

Kegiatan Akademik SLB Negeri Banjarnegara Semester Gasal Tahun 2023/2024

TANGGAL KEGIATAN
Juni-Juli 2023 Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2023/2024
17 Juli 2023 Hari Pertama Masuk Sekolah
17-20 Juli 2023 Kegiatan PLS (Pengenalan Lingkungan Sekolah)
19 Juli 2023 Libur Tahun Baru Islam 1445 Hijriyah
21/28 Jul 2023 Peringatan Hari Anak
21/28 Jul 2023 Peringatan Tahun Baru Islam 1445 Hijriyah
14-15 Agustus 2023 SIPENGGAK GAYENG 2023
17 Agustus 2023 Mengikuti upacara HUT Kemerdekaan RI
18 Agustus 2023 Lomba siswa, guru, wali murid memperingati HUT RI
4-8 September 2023 Penilaian/Ulangan Tengah Semester Gasal
11-15 September ‘23 Proyek Penguatan Pelajar Pancasila “Pesta Demokrasi”
23-Sep-23 Hari Bahasa Isyarat
28-Sep-23 Libur Umum Peringatan Maulid Nabi
29-Sep-23 Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW
1 Oktober 2023 Upacara Hari Kesaktian Pancasila
2 Oktober 2023 Peringatan Hari Bathik
6 Oktober 2023 Hari Cereblral Palsy
28 Oktober 2023 Mengikuti Upacara Hari Sumpah Pemuda
10-Nov-23 Mengikuti Upacara Hari Pahlawan
25-Nov-23 Peringatan Hari Guru
3 Desember 2023 Peringatan Hari Difable Internasional
4-8 Desember 2023 Penilaian Akhir Semester Gasal
12 Desember 2023 Wisata Edukasi
11-14 Desember ‘23 Persiapan Penyerahan Buku Laporan Hasil Belajar (BLHB) Semester Gasal
15 Desember 2023 Penyerahan BLHB Semester Gasal
18-31 Desember ‘23 Libur Akhir Semester Gasal
22 Desember 2023 Peringatan Hari Ibu
25 Desember 2023 Cuti Bersama Libur (Hari Raya Natal)
25 Desember 2023 Libur Umum (Hari Raya Natal)

Kegiatan Akademik SLB Negeri Banjarnegara Semester Genap Tahun 2023/2024

TANGGAL KEGIATAN
1 Januari 2024 Libur Umum (Tahun Baru Masehi 2024)
2 Januari 2024 Hari Pertama Masuk Semester Genap
4 Januari 2024 Hari Braille
8 Februari 2024 Libur Umum (Isro’ Mi’roj)
9 Februari 2024 Peringatan Isra Mi’raj 1444 H
10 Februari 2024 Libur Umum (Tahun Baru Imlek2569)
22 Februari 2024 Peringatan Hari Jadi Banjarnegara ke-452
4-8 Maret 2024 Sumatif Tengah Semester Genap
11 Maret 2024 Libur Umum Hari Raya Nyepi
11-12 Maret 2024 Perkiraan Libur Awal Ramadhan 1445 H
21 Maret 2024 Hari Down syndrome
29 Maret 2024 Libur Jum’at Agung
02-Apr-24 Hari Autis
8-9 April 2024 Libur menjelang Idul Fitri 1445 H
10-11 April 2024 Libur Hari Raya Idul Fitri 1445 H
12-13 April 2024 Cuti Bersama Libur Hari Raya Idul Fitri 1445 H
12-Apr-24 Hari Jadi SLB Negeri Banjarnegara ke 13 tahun
21-Apr-24 Peringatan Hari Kartini
22-26 April 2024 Perkiraan Ujian Praktek SDLB-SMPLB-SMALB
1 Mei 2024 Libur Umum (Hari Buruh Internasional)
2 Mei 2024 Upacara dan Peringatan Hari Pendidikan Nasional
9 Mei 2024 Libur Kenaikan Isa Almasih
13-17 Mei 2024 Perkiraan AS SDLB-SMPLB-SMALB
20 Mei 2024 Peringatan Hari Kebangkitan Nasional
1 Juni 2024 Libur Umum (Hari Lahirnya Pancasila)
3-7 Juni 2024 Sumatif Akhir Tahun
10-13 Juni 2024 Proyek Penguatan Pelajar Pancasila “Market Day ”
10 Juni = Kelas TK, 1-3 SD
11 Juni = Kelas 4-6 SD
12 Juni = Kelas 7-9 SMP
13 Juni = Kelas 10-12 SMP
14 Juni 2024 Ulangan Susulan dan Persiapan Penyerahan Buku Laporan Hasil Belajar Semester Genap
19 Juni 2024 Perpisahan dan Pelepasan Siswa
21 Juni 2024 Penyerahan Laporan Hasil Belajar
24 Juni-19 Juli 2024 Libur Akhir Semester/Libur Akhir Tahun Pelajaran 2023/2024
22 Juli 2024 Permulaan Tahun Ajaran 2024/2025