Kurikulum
SLB N Banjarnegara
STRUKTUR KURIKULUM
Struktur kurikulum SLB didasarkan pada struktur sekolah umum (SD, SMP, dan SMA), dengan menyesuaikan kebutuhan anak berkebutuhan khusus, yaitu keterampilan fungsional dan mata pelajaran penunjang kebutuhan tersebut.
Program Kebutuhan Khusus
Terdapat mata pelajaran Program Kebutuhan Khusus yang bertujuan untuk membantu anak memaksimalkan indra yang dimilikinya dan mengatasi keterbatasannya. Berikut adalah tujuan program masing-masing kebutuhan khusus:
- Tunanetra: pengembangan orientasi, mobilitas, sosial, dan komunikasi
- Tunarungu: pengembangan komunikasi, persepsi bunyi, dan irama
- Tunagrahita: pengembangan diri
- Tunadaksa: pengembangan diri dan gerak
- Autis: pengembangan komunikasi, interaksi sosial, dan perilaku
Dibandingkan dengan K-13, tidak ada perubahan yang signifikan dalam jumlah jam pelajaran. Beban belajar per minggu bisa ditambah sesuai kebutuhan belajar murid dan/atau kebutuhan akademik, sosial, budaya, dan faktor lain yang dianggap penting.
Di SLB Negeri Banjarnegara di tahun ajaran 2023-2024 ini menggunakan dua (2) kurikulum yaitu Kurikulum Merdeka untuk kelas I-V SDLB, VII-VIII SMPLB dan X-XI SMALB, serta kurikulum 2013 yaitu kelas VI SDLB, IX SMPLB dan XII SMALB.
Penyesuaian Struktur Kurikulum SLB
- Jam mata pelajaran paling besar adalah Seni dan Prakarya (SDLB) dan Keterampilan (SMPLB dan SMALB).
- Mata pelajaran Bahasa Inggris bersifat pilihan.
- Mata pelajaran Seni di SMPLB dan SMALB pada kelompok mata pelajaran umum berfungsi sebagai sarana apresiasi dan terapi.
- Namun, mata pelajaran Seni pada kelompok keterampilan berfungsi sebagai pembekalan untuk profesi.
Struktur Per Jenjang
Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB)
- Jumlah jam pelajaran di SDLB sama dengan jumlah mata pelajaran di SD umum.
- Satu jam pelajaran di SDLB adalah 35 menit.
- Sama seperti SD umum, IPAS diajarkan mulai kelas 3 SD.
- Pembedanya adalah penekanan jam pelajaran beberapa mata pelajaran yang dianggap relevan dengan penyiapan keterampilan fungsional anak dan adanya program kebutuhan khusus.
(Asumsi 1 Tahun =36 minggu,1 JP=30 menit)
Mata Pelajaran | Alokasi intrakurikuler per tahun (minggu) | Alokasi projek penguatan profil pelajar Pancasila per tahun | Total JP Per Tahun |
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti* | 108 (3) | 36 | 144 |
Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti* | 108 (3) | 36 | 144 |
Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti* | 108 (3) | 36 | 144 |
Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti* | 108 (3) | 36 | 144 |
Pendidikan Agama Hindu dan] Budi Pekerti* | 108 (3) | 36 | 144 |
Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti* | 108 (3) | 36 | 144 |
Pendidikan Pancasila | 54 (2) ** | 18 | 72 |
Bahasa Indonesia | 108 (3) | 36 | 144 |
Matematika | 54 (2) ** | 18 | 72 |
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan | 54 (2) ** | 18 | 72 |
Seni Budaya ***: 1. Seni Rupa 2 Seni Tari | 252 (7) | 108 | 360 |
Program Kebutuhan Khusus | 216 (6) | – | 216 (6) |
Bahasa Inggris | 72 (2) **** | – | 72**** |
Muatan Lokal | 72 (2) **** | – | 72 |
Total *****: | 846 (25) | 234 | 1080 |
Keterangan:
* Diikuti oleh peserta didik sesuai dengan agama masing-masing.
** Pembelajaran reguler tidak penuh 36 (tiga puluh enam) minggu untuk memenuhi alokasi projek 27 (dua puluh tujuh) minggu untuk Pendidikan Pancasila, Matematika, dan Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK).
*** Satuan pendidikan menyediakan minimal 1 (satu) jenis seni (seni musik, seni rupa, seni teater, dan/atau seni tari). Peserta didik memilih 1 (satu) jenis seni (seni musik, seni rupa, seni teater, atau seni tari).
**** Maksimal 2 (dua) JP per minggu atau 72 (tujuh puluh dua) JP per tahun sebagai mata pelajaran pilihan.
***** Total JP tidak termasuk mata pelajaran Bahasa Inggris, Muatan Lokal dan/atau mata pelajaran tambahan yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan
(Asumsi 1 Thn=36 minggu, 1JP=30 menit)
Mata Pelajaran | Alokasi intrakurikule r per tahun (minggu) | Alokasi projek penguatan profil pelajar Pancasila per tahun | Total JP Per Tahun |
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti* | 108 (3) | 36 | 144 |
Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti* | 108 (3) | 36 | 144 |
Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti* | 108 (3) | 36 | 144 |
Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti* | 108 (3) | 36 | 144 |
Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti* | 108 (3) | 36 | 144 |
Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti* | 108 (3) | 36 | 144 |
Pendidikan Pancasila | 54 (2) ** | 18 | 72 |
Bahasa Indonesia | 108 (3) | 36 | 144 |
Matematika | 108 (3) | 36 | 144 |
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan | 54 (2) ** | 18 | 72 |
Seni Budaya ***: 1. Seni Rupa 2. Seni Tari | 252 (7) | 108 | 360 |
Program Kebutuhan Khusus | 216 (6) | – | 216 (6) |
Bahasa Inggris | 72 (2) **** | – | 72**** |
Muatan Lokal | 72 (2) **** | – | 72**** |
Total*****: | 900 (26) | 252 | 1152 |
Keterangan:
* Diikuti oleh peserta didik sesuai dengan agama masing-masing.
** Pembelajaran reguler tidak penuh 36 (tiga puluh enam) minggu untuk memenuhi alokasi projek 27 (dua puluh tujuh) minggu untuk Pendidikan Pancasila, Matematika, dan Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK).
*** Satuan pendidikan menyediakan minimal 1 (satu) jenis seni (seni musik, seni rupa, seni teater, dan/atau seni tari). Peserta didik memilih 1 (satu) jenis seni (seni musik, seni rupa, seni teater, atau seni tari).
**** Maksimal 2 (dua) JP per minggu atau 72 (tujuh puluh dua) JP per tahun sebagai mata pelajaran pilihan.
***** Total JP tidak termasuk mata pelajaran Bahasa Inggris, Muatan Lokal dan/atau mata pelajaran tambahan yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan
(Asumsi 1 Thn=36 minggu, 1JP=30 menit)
Mata Pelajaran | Alokasi intrakurikul er per tahun (minggu) | Alokasi projek penguatan profil pelajar Pancasila per tahun | Total JP Per Tahun |
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti* | 108 (3) | 36 | 144 |
Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti* | 108 (3) | 36 | 144 |
Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti* | 108 (3) | 36 | 144 |
Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti* | 108 (3) | 36 | 144 |
Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti* | 108 (3) | 36 | 144 |
Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti* | 108 (3) | 36 | 144 |
Pendidikan Pancasila | 54 (2) ** | 18 | 72 |
Bahasa Indonesia | 72 (2) | 36 | 108 |
Matematika | 72 (2) | 36 | 108 |
Ilmu Pengetahuan Alam Sosial | 54 (2) ** | 18 | 72 |
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan | 54 (2) ** | 18 | 72 |
Seni Budaya ***: 1.Seni Rupa 2.Seni Tari | 360 (10) | 144 | 504 |
Program Kebutuhan Khusus | 216 (6) | – | 216 |
Bahasa Inggris | 72 (2) **** | – | 72**** |
Muatan Lokal | 72 (2) **** | – | 72**** |
Total*****: | 990 (29) | 306 | 1296 |
Keterangan:
* Diikuti oleh peserta didik sesuai dengan agama masing-masing.
** Pembelajaran reguler tidak penuh 36 (tiga puluh enam) minggu untuk memenuhi alokasi projek 27 (dua puluh tujuh) minggu untuk Pendidikan Pancasila, Matematika, dan Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK).
*** Satuan pendidikan menyediakan minimal 1 (satu) jenis seni (seni musik, seni rupa, seni teater, dan/atau seni tari). Peserta didik memilih 1 (satu) jenis seni (seni musik, seni rupa, seni teater, atau seni tari).
**** Maksimal 2 (dua) JP per minggu atau 72 (tujuh puluh dua) JP per tahun sebagai mata pelajaran pilihan.
***** Total JP tidak termasuk mata pelajaran Bahasa Inggris, Muatan Lokal dan/atau mata pelajaran tambahan yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan
(Asumsi 1 Thn=36 minggu, 1JP=30 menit)
Mata Pelajaran | Alokasi intrakurikul er per tahun (minggu) | Alokasi projek penguatan profil pelajar Pancasila per tahun | Total JP Per Tahun |
Pendidikan Agama IslamBudi Pekerti* | 108 (3) | 36 | 144 |
Pendidikan Pancasila | 54 (2) ** | 18 | 72 |
Bahasa Indonesia | 108 (3) | 36 | 144 |
Matematika | 108 (3) | 36 | 144 |
Ilmu Pengetahuan Alam Sosial | 54 (2) ** | 18 | 72 |
PJOK | 54 (2) ** | 18 | 72 |
Seni Budaya ***: 1. Seni Rupa 2. Seni Tari | 360 (10) | 144 | 504 |
Program Kebutuhan Khusus | 144 (4) | – | 144 |
Bahasa Inggris | 72 (2) **** | – | 72**** |
Muatan Lokal | 72 (2) **** | – | 72**** |
Total*****: | 990 (29) | 306 | 1296 |
Keterangan:
* Diikuti oleh peserta didik sesuai dengan agama masing-masing.
** Pembelajaran reguler tidak penuh 36 (tiga puluh enam) minggu untuk memenuhi alokasi projek 27 (dua puluh tujuh) minggu untuk Pendidikan Pancasila, Matematika, dan Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK).
*** Satuan pendidikan menyediakan minimal 1 (satu) jenis seni (seni musik, seni rupa, seni teater, dan/atau seni tari). Peserta didik memilih 1 (satu) jenis seni (seni musik, seni rupa, seni teater, atau seni tari).
**** Maksimal 2 (dua) JP per minggu atau 72 (tujuh puluh dua) JP per tahun sebagai mata pelajaran pilihan.
***** Total JP tidak termasuk mata pelajaran Bahasa Inggris, Muatan Lokal dan/atau mata pelajaran tambahan yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan
MATA PELAJARAN | ALOKASI WAKTU PERMINGGU | |
KELOMPOK A | ||
1. | Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti | 4 |
2. | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan | 2 |
3. | Bahasa Indonesia | 3 |
4. | Matematika | 3 |
5. | Ilmu Pengetahuan Alam | 2 |
6. | Ilmu Pengetahuan Sosial | 2 |
KELOMPOK B | ||
7. | Seni Budaya dan Prakarya | 10 |
8. | Bahasa Jawa | 2 |
9. | Mulok Dawet Ayu Banjarnegara | 2 |
10. | Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan | 2 |
KELOMPOK C | ||
11. | Program Kebutuhan Khusus | 4 |
JUMLAH ALOKASI WAKTU PERMINGGU | 36 |
- Mata pelajaran umum Kelompok A merupakan program kurikuler yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan, dan kompetensi keterampilan peserta didik sebagai dasar dan penguatan kemampuan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara yang muatan dan acuannya dikembangkan oleh pusat.
- Mata pelajaran Kelompok B merupakan program kurikuler yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan, dan kompetensi keterampilan peserta didik terkait lingkungan dalam bidang sosial, budaya, dan seni yang muatan dan acuannya dikembangkan oleh pusat dan dapat dilengkapi dengan muatan lokal. Muatan lokal dapat berupa mata pelajaran yang berdiri sendiri, di SLB Negeri Banjarnegara muatan lokal dilaksanakan dengan rincian sebagai berikut ; 1) Muatan lokal Provinsi : Bahasa Jawa 2) Muatan lokal Kabupaten : Dawet ayu Banjarnegara Untuk muatan lokal Bahasa Jawa peserta didik tunarungu tidak dilaksanakan dan penambahan 2 jam pelajaran pada muatan lokal Dawet Ayu Banjarnegara.
- Kelompok C berupa program kebutuhan khusus yang diberikan sesuai dengan kekhususan peserta didik. Program Kebutuhan Khusus untuk: 1) Hambatan penglihatan adalah Pengembangan Orientasi, Mobilitas, Sosial dan Komunikasi (POMSK); 2) Hambatan pendengaran adalah Pengembangan Komunikasi, Persepsi Bunyi, dan Irama (PKPBI); 3) Hambatan berfikir adalah Pengembangan Diri (mencakup keterampilan merawat diri, keterampilan mengurus diri, keterampilan menjaga keselamatan dan kesehatan, keterampilan bekomunikasi, keterampilan bersosialisasi, keterampilan bekerja dan keterampilan menggunakan waktu luang.); 4) Hambatan gerak adalah Pengembangan Diri dan Gerak; dan 5) Autis berupa Pengembangan Komunikasi, Interaksi Sosial, dan Perilaku.
Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMPLB)
- Struktur kurikulum SMPLB sama dengan SMP umum.
- Satu jam pelajaran di SMPLB adalah 40 menit.
- Pembedanya adalah jumlah jam pelajaran di mata pelajaran tertentu, adanya mata pelajaran keterampilan yang dapat dipilih sesuai bakat dan minat, serta adanya program kebutuhan khusus.
(Asumsi 1 Tahun = 36 minggu, 1 JP = 35 menit)
Mata Pelajaran | Alokasi intrakurikul er per tahun (minggu) | Alokasi projek penguatan profil pelajar Pancasila per tahun | Total JP Per Tahun |
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti* | 54 (2) ** | 18 | 72 |
Pendidikan Pancasila | 54 (2) ** | 18 | 72 |
Bahasa Indonesia | 54 (2) ** | 18 | 72 |
Matematika | 54 (2) ** | 18 | 72 |
Ilmu Pengetahuan Alam | 54 (2) ** | 18 | 72 |
Ilmu Pengetahuan Sosial | 54 (2) ** | 18 | 72 |
Bahasa Inggris*** | 54 (2) ** | 18 | 72 |
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan | 54 (2) ** | 18 | 72 |
Seni Budaya ****: 1. Seni Rupa 2. Seni Tari | 54 (2) ** | 18 | 72 |
Kelompok Keterampilan dapat memilih 2 (dua) atau lebih: 1. Tata Busana 2. Tata Boga 3. Tata Graha 4. Cuci Sepeda Motor 5. Seni Membatik 6. Pertanian 7. Kriya Kayu | 468 (13) | 144 | 612 |
Program Kebutuhan Khusus | 108 (3) | – | 108 |
Muatan Lokal | 72 (2) ***** | – | 72***** |
Total****** | 1062 (34) | 306 | 1368 |
Keterangan:
* Diikuti oleh peserta didik sesuai dengan agama masing-masing.
** Pembelajaran reguler tidak penuh 36 (tiga puluh enam) minggu untuk memenuhi alokasi projek 27 (dua puluh tujuh) minggu tiap mata pelajaran, kecuali Kelompok Keterampilan, Program Kebutuhan Khusus, dan Muatan Lokal.
*** Bahasa Inggris bersifat pilihan.
**** Satuan pendidikan menyediakan minimal 1 (satu) jenis seni (seni musik, seni rupa, seni teater, dan/atau seni tari). Peserta didik memilih 1 (satu) jenis seni (seni musik, seni rupa, seni teater, atau seni tari).
***** Maksimal 2 (dua) JP perminggu atau 72 (tujuh puluh dua) JP pertahun sebagai mata pelajaran pilihan.
****** Total JP tidak termasuk mata pelajaran Bahasa Inggris, Muatan Lokal dan/atau mata pelajaran tambahan yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan.
(Asumsi 1 Tahun = 36 minggu, 1 JP = 35 menit)
Mata Pelajaran | Alokasi intrakurikul er per tahun (minggu) | Alokasi projek penguatan profil pelajar Pancasila per tahun | Total JP Per Tahun |
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti* | 54 (2) ** | 18 | 72 |
Pendidikan Pancasila | 54 (2) ** | 18 | 72 |
Bahasa Indonesia | 54 (2) ** | 18 | 72 |
Matematika | 54 (2) ** | 18 | 72 |
Ilmu Pengetahuan Alam | 54 (2) ** | 18 | 72 |
Ilmu Pengetahuan Sosial | 54 (2) ** | 18 | 72 |
Bahasa Inggris*** | 54 (2) ** | 18 | 72 |
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan | 54 (2) ** | 18 | 72 |
Seni Budaya ****: 1. Seni Rupa 2. Seni Tari | 54 (2) ** | 18 | 72 |
Kelompok Keterampilan dapat memilih 2 (dua) atau lebih: 1. Tata Busana 2. Tata Boga 3. Tata Graha 4. Cuci Sepeda Motor 5. Seni Membatik 6. Pertanian 7. Kriya Kayu | 468 (13) | 144 | 612 |
Program Kebutuhan Khusus | 108 (3) | – | 108 |
Muatan Lokal | 72 (2) ***** | – | 72***** |
Total****** | 1062 (34) | 306 | 1368 |
Keterangan:
* Diikuti oleh peserta didik sesuai dengan agama masing-masing.
** Pembelajaran reguler tidak penuh 36 (tiga puluh enam) minggu untuk memenuhi alokasi projek 27 (dua puluh tujuh) minggu tiap mata pelajaran, kecuali Kelompok Keterampilan, Program Kebutuhan Khusus, dan Muatan Lokal.
*** Bahasa Inggris bersifat pilihan.
**** Satuan pendidikan menyediakan minimal 1 (satu) jenis seni (seni musik, seni rupa, seni teater, dan/atau seni tari). Peserta didik memilih 1 (satu) jenis seni (seni musik, seni rupa, seni teater, atau seni tari).
***** Maksimal 2 (dua) JP perminggu atau 72 (tujuh puluh dua) JP pertahun sebagai mata pelajaran pilihan.
****** Total JP tidak termasuk mata pelajaran Bahasa Inggris, Muatan Lokal dan/atau mata pelajaran tambahan yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan.
MATA PELAJARAN | ALOKASI WAKTU PERMINGGU | |
KELOMPOK A | ||
1. | Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti | 2 |
2. | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan | 2 |
3. | Bahasa Indonesia | 2 |
4. | Matematika | 2 |
5. | Ilmu Pengetahuan Alam | 2 |
6. | Ilmu Pengetahuan Sosial | 2 |
7. | Bahasa Inggris | 2 |
KELOMPOK B | ||
8. | Seni Budaya dan Prakarya | 2 |
9. | Mulok Provinsi Bahasa Jawa | 2 |
10. | Mulok Kabupaten Dawet Ayu Banjarnegara | 2 |
11. | Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan | 2 |
12. | Ketrampilan Pilihan | 14 |
KELOMPOK C | ||
13. | Program Kebutuhan Khusus | 2 |
JUMLAH ALOKASI WAKTU PERMINGGU | 38 |
Keterangan :
- Mata pelajaran umum Kelompok A merupakan program kurikuler yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan, dan kompetensi keterampilan peserta didik sebagai dasar dan penguatan kemampuan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara yang muatan dan acuannya dikembangkan oleh pusat.
- Mata pelajaran Kelompok B merupakan program kurikuler yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan, dan kompetensi keterampilan peserta didik terkait lingkungan dalam bidang sosial, budaya, dan seni yang muatan dan acuannya dikembangkan oleh pusat dan dapat dilengkapi dengan muatan lokal. Muatan lokal dapat berupa mata pelajaran yang berdiri sendiri, di SLB Negeri Banjarnegara muatan lokal dilaksanakan dengan rincian sebagai berikut ;
1) Muatan lokal Provinsi : Bahasa Jawa
2) Muatan lokal Kabupaten : Dawet ayu Banjarnegara
Untuk muatan lokal Bahasa Jawa peserta didik tunarungu tidak
dilaksanakan dan penambahan 2 jam pelajaran pada muatan lokal Dawet
Ayu Banjarnegara.
Pada mata pelajaran keterampilan pilihan, peserta didik memilih satu bidang keterampilan yang disediakan oleh satuan pendidikan. Di SLB Negeri Banjarnegara mengadakan 8 ketrampilan kerja antara lain :
1) Pertanian
2) Kriya Kayu
3) Tata Busana
4) Tata Boga
5) Tata Graha
6) Cuci Motor
7) Bathik - Kelompok C berupa program kebutuhan khusus yang diberikan sesuai dengan kekhususan peserta didik. Program Kebutuhan Khusus untuk:
1) Hambatan penglihatan adalah Pengembangan Orientasi, Mobilitas, Sosial dan Komunikasi (POMSK);
2) Hambatan pendengaran adalah Pengembangan Komunikasi, Persepsi Bunyi, dan Irama (PKPBI);
3) Hambatan berfikir adalah Pengembangan Diri (mencakup keterampilan merawat diri, keterampilan mengurus diri, keterampilan menjaga keselamatan dan kesehatan, keterampilan bekomunikasi, keterampilan bersosialisasi, keterampilan bekerja dan keterampilan menggunakan waktu luang.);
4) Hambatan gerak adalah Pengembangan Diri dan Gerak; dan
5) Autis berupa Pengembangan Komunikasi, Interaksi Sosial, dan Perilaku.
Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMALB)
- Struktur kurikulum SMALB sama dengan SMA umum.
- Satu jam pelajaran di SMPLB adalah 45 menit.
- Pembedanya adalah jumlah jam pelajaran di mata pelajaran tertentu, adanya mata pelajaran keterampilan yang dapat dipilih sesuai bakat dan minat, serta adanya program kebutuhan khusus.
(Asumsi 1 Tahun = 36 minggu, 1 JP = 40 menit)
Mata Pelajaran | Alokasi intrakurikul er per tahun (minggu) | Alokasi projek penguatan profil pelajar Pancasila per tahun | Total JP Per Tahun |
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti* | 54 (2) ** | 18 | 72 |
Pendidikan Pancasila | 54 (2) ** | 18 | 72 |
Bahasa Indonesia | 54 (2) ** | 18 | 72 |
Matematika | 54 (2) ** | 18 | 72 |
Ilmu Pengetahuan Alam | 54 (2) ** | 18 | 72 |
Ilmu Pengetahuan Sosial | 54 (2) ** | 18 | 72 |
Bahasa Inggris*** | 54 (2) ** | 18 | 72 |
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan | 54 (2) ** | 18 | 72 |
Seni Budaya ****: 1. Seni Rupa 2. Seni Tari | 54 (2) ** | 18 | 72 |
Kelompok Keterampilan dapat memilih 2 (dua) atau lebih: 1. Tata Busana 2. Tata Boga 3. Tata Graha 4. Cuci Sepeda Motor 5. Seni Membatik 6. Pertanian 7. Kriya Kayu | 648 (18) | 216 | 864 |
Program Kebutuhan Khusus | 72 (2) | – | 72 |
Muatan Lokal | 72 (2) ***** | – | 72***** |
Total****** | 1206 (38) | 378 | 1584 |
Keterangan:
* Diikuti oleh peserta didik sesuai dengan agama masing-masing.
** Pembelajaran reguler tidak penuh 36 (tiga puluh enam) minggu untuk memenuhi alokasi projek 27 (dua puluh tujuh) minggu tiap mata pelajaran, kecuali Kelompok Keterampilan, Program Kebutuhan Khusus, dan Muatan Lokal.
*** Bahasa Inggris bersifat pilihan.
**** Satuan pendidikan menyediakan minimal 1 (satu) jenis seni (seni musik, seni rupa, seni teater, dan/atau seni tari). Peserta didik memilih 1 (satu) jenis seni (seni musik, seni rupa, seni teater, atau seni tari).
***** Maksimal 2 (dua) JP perminggu atau 72 (tujuh puluh dua) JP pertahun sebagai mata pelajaran pilihan.
****** Total JP tidak termasuk mata pelajaran Bahasa Inggris, Muatan Lokal dan/atau mata pelajaran tambahan yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan.
Mata Pelajaran | Alokasi intrakurikul er per tahun (minggu) | Alokasi projek penguatan profil pelajar Pancasila per tahun | Total JP Per Tahun |
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti* | 54 (2) ** | 18 | 72 |
Pendidikan Pancasila | 54 (2) ** | 18 | 72 |
Bahasa Indonesia | 54 (2) ** | 18 | 72 |
Matematika | 54 (2) ** | 18 | 72 |
Ilmu Pengetahuan Alam | 54 (2) ** | 18 | 72 |
Ilmu Pengetahuan Sosial | 54 (2) ** | 18 | 72 |
Bahasa Inggris*** | 54 (2) ** | 18 | 72 |
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan | 54 (2) ** | 18 | 72 |
Seni Budaya ****: 1. Seni Rupa 2. Seni Tari | 54 (2) ** | 18 | 72 |
Kelompok Keterampilan dapat memilih 2 (dua) atau lebih: 1. Tata Busana 2. Tata Boga 3. Tata Graha 4. Cuci Sepeda Motor 5. Seni Membatik 6. Pertanian 7. Kriya Kayu 8. Budidaya Tanaman Hortikultura 9. Pijat/Akupresur 10. Teknik Penyiaran Radio 11. Seni Musik 12. Fotografi 13. Desain Grafis 14. Seni Tari 15. Seni Lukis 16. Elektronika Alat Rumah Tangga 17. Budidaya Perikanan 18. Budidaya Peternakan | 720 (20) | 216 | 936 |
Program Kebutuhan Khusus | 72 (2) | ||
Muatan Lokal | 72 (2) ***** | – | 72***** |
Total****** | 1278 (40) | 378 | 1656 |
MATA PELAJARAN | KELAS DAN ALOKASI WAKTU PERMINGGU | |||
X | XI | XII | ||
KELOMPOK A | ||||
1. | Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti | 2 | 2 | 2 |
2. | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan | 2 | 2 | 2 |
3. | Bahasa Indonesia | 2 | 2 | 2 |
4. | Matematika | 2 | 2 | 2 |
5. | Ilmu Pengetahuan Alam | 2 | 2 | 2 |
6. | Ilmu Pengetahuan Sosial | 2 | 2 | 2 |
7. | Bahasa Inggris | 2 | 2 | 2 |
KELOMPOK B | ||||
8. | Seni Budaya dan Prakarya | 2 | 2 | 2 |
9. | Mulok Provinsi Bahasa Jawa | 2 | 2 | 2 |
10. | Mulok Kabupaten Dawet Ayu Banjarnegara | 2 | 2 | 2 |
11. | Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan | 2 | 2 | 2 |
12. | Ketrampilan Pilihan | 20 | 22 | 22 |
KELOMPOK C | ||||
13. | Program Kebutuhan Khusus | 2 | 2 | 2 |
JUMLAH ALOKASI WAKTU PERMINGGU | 42 | 44 | 44 |
Keterangan :
- Mata pelajaran umum Kelompok A merupakan program kurikuler yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan, dan kompetensi keterampilan peserta didik sebagai dasar dan penguatan kemampuan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara yang muatan dan acuannya dikembangkan oleh pusat.
- Mata pelajaran Kelompok B merupakan program kurikuler yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan, dan kompetensi keterampilan peserta didik terkait lingkungan dalam bidang sosial, budaya, dan seni yang muatan dan acuannya dikembangkan oleh pusat dan dapat dilengkapi dengan muatan lokal. Muatan lokal dapat berupa mata pelajaran yang berdiri sendiri, di SLB Negeri Banjarnegara muatan lokal dilaksanakan dengan rincian sebagai berikut ;
1) Muatan lokal Provinsi : Bahasa Jawa
2) Muatan lokal Kabupaten : Dawet ayu Banjarnegara
Untuk muatan lokal Bahasa Jawa peserta didik tunarungu tidak
dilaksanakan dan penambahan 2 jam pelajaran pada muatan lokal Dawet
Ayu Banjarnegara.
Pada mata pelajaran keterampilan pilihan, peserta didik memilih satu bidang keterampilan yang disediakan oleh satuan pendidikan. Di SLB Negeri Banjarnegara mengadakan 8 ketrampilan kerja antara lain :
1) Pertanian
2) Kriya Kayu
3) Tata Busana
4) Tata Boga
5) Tata Graha
6) Cuci Motor
7) Bathik - Kelompok C berupa program kebutuhan khusus yang diberikan sesuai dengan kekhususan peserta didik. Program Kebutuhan Khusus untuk:
1) Hambatan penglihatan adalah Pengembangan Orientasi, Mobilitas, Sosial dan Komunikasi (POMSK);
2) Hambatan pendengaran adalah Pengembangan Komunikasi, Persepsi Bunyi, dan Irama (PKPBI);
3) Hambatan berfikir adalah Pengembangan Diri (mencakup keterampilan merawat diri, keterampilan mengurus diri, keterampilan menjaga keselamatan dan kesehatan, keterampilan bekomunikasi, keterampilan bersosialisasi, keterampilan bekerja dan keterampilan menggunakan waktu luang.);
4) Hambatan gerak adalah Pengembangan Diri dan Gerak; dan
5) Autis berupa Pengembangan Komunikasi, Interaksi Sosial, dan Perilaku.
Kegiatan Akademik SLB Negeri Banjarnegara Semester Gasal Tahun 2023/2024
TANGGAL | KEGIATAN |
Juni-Juli 2023 | Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2023/2024 |
17 Juli 2023 | Hari Pertama Masuk Sekolah |
17-20 Juli 2023 | Kegiatan PLS (Pengenalan Lingkungan Sekolah) |
19 Juli 2023 | Libur Tahun Baru Islam 1445 Hijriyah |
21/28 Jul 2023 | Peringatan Hari Anak |
21/28 Jul 2023 | Peringatan Tahun Baru Islam 1445 Hijriyah |
14-15 Agustus 2023 | SIPENGGAK GAYENG 2023 |
17 Agustus 2023 | Mengikuti upacara HUT Kemerdekaan RI |
18 Agustus 2023 | Lomba siswa, guru, wali murid memperingati HUT RI |
4-8 September 2023 | Penilaian/Ulangan Tengah Semester Gasal |
11-15 September ‘23 | Proyek Penguatan Pelajar Pancasila “Pesta Demokrasi” |
23-Sep-23 | Hari Bahasa Isyarat |
28-Sep-23 | Libur Umum Peringatan Maulid Nabi |
29-Sep-23 | Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW |
1 Oktober 2023 | Upacara Hari Kesaktian Pancasila |
2 Oktober 2023 | Peringatan Hari Bathik |
6 Oktober 2023 | Hari Cereblral Palsy |
28 Oktober 2023 | Mengikuti Upacara Hari Sumpah Pemuda |
10-Nov-23 | Mengikuti Upacara Hari Pahlawan |
25-Nov-23 | Peringatan Hari Guru |
3 Desember 2023 | Peringatan Hari Difable Internasional |
4-8 Desember 2023 | Penilaian Akhir Semester Gasal |
12 Desember 2023 | Wisata Edukasi |
11-14 Desember ‘23 | Persiapan Penyerahan Buku Laporan Hasil Belajar (BLHB) Semester Gasal |
15 Desember 2023 | Penyerahan BLHB Semester Gasal |
18-31 Desember ‘23 | Libur Akhir Semester Gasal |
22 Desember 2023 | Peringatan Hari Ibu |
25 Desember 2023 | Cuti Bersama Libur (Hari Raya Natal) |
25 Desember 2023 | Libur Umum (Hari Raya Natal) |
Kegiatan Akademik SLB Negeri Banjarnegara Semester Genap Tahun 2023/2024
TANGGAL | KEGIATAN |
1 Januari 2024 | Libur Umum (Tahun Baru Masehi 2024) |
2 Januari 2024 | Hari Pertama Masuk Semester Genap |
4 Januari 2024 | Hari Braille |
8 Februari 2024 | Libur Umum (Isro’ Mi’roj) |
9 Februari 2024 | Peringatan Isra Mi’raj 1444 H |
10 Februari 2024 | Libur Umum (Tahun Baru Imlek2569) |
22 Februari 2024 | Peringatan Hari Jadi Banjarnegara ke-452 |
4-8 Maret 2024 | Sumatif Tengah Semester Genap |
11 Maret 2024 | Libur Umum Hari Raya Nyepi |
11-12 Maret 2024 | Perkiraan Libur Awal Ramadhan 1445 H |
21 Maret 2024 | Hari Down syndrome |
29 Maret 2024 | Libur Jum’at Agung |
02-Apr-24 | Hari Autis |
8-9 April 2024 | Libur menjelang Idul Fitri 1445 H |
10-11 April 2024 | Libur Hari Raya Idul Fitri 1445 H |
12-13 April 2024 | Cuti Bersama Libur Hari Raya Idul Fitri 1445 H |
12-Apr-24 | Hari Jadi SLB Negeri Banjarnegara ke 13 tahun |
21-Apr-24 | Peringatan Hari Kartini |
22-26 April 2024 | Perkiraan Ujian Praktek SDLB-SMPLB-SMALB |
1 Mei 2024 | Libur Umum (Hari Buruh Internasional) |
2 Mei 2024 | Upacara dan Peringatan Hari Pendidikan Nasional |
9 Mei 2024 | Libur Kenaikan Isa Almasih |
13-17 Mei 2024 | Perkiraan AS SDLB-SMPLB-SMALB |
20 Mei 2024 | Peringatan Hari Kebangkitan Nasional |
1 Juni 2024 | Libur Umum (Hari Lahirnya Pancasila) |
3-7 Juni 2024 | Sumatif Akhir Tahun |
10-13 Juni 2024 | Proyek Penguatan Pelajar Pancasila “Market Day ” |
10 Juni = Kelas TK, 1-3 SD | |
11 Juni = Kelas 4-6 SD | |
12 Juni = Kelas 7-9 SMP | |
13 Juni = Kelas 10-12 SMP | |
14 Juni 2024 | Ulangan Susulan dan Persiapan Penyerahan Buku Laporan Hasil Belajar Semester Genap |
19 Juni 2024 | Perpisahan dan Pelepasan Siswa |
21 Juni 2024 | Penyerahan Laporan Hasil Belajar |
24 Juni-19 Juli 2024 | Libur Akhir Semester/Libur Akhir Tahun Pelajaran 2023/2024 |
22 Juli 2024 | Permulaan Tahun Ajaran 2024/2025 |