Dalam era digital ini, penggunaan alat Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) telah menjadi bagian integral dari proses pendidikan, termasuk di Sekolah Luar Biasa (SLB).
SLB Negeri Banjarnegara tidak terkecuali dalam memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan kualitas pendidikan bagi siswa-siswi berkebutuhan khusus.
Pada hari ini Jum’at 28 Juni 2024, Inspektorat Jenderal Kemdikbud melaksanakan program monitoring dan evaluasi penggunaan alat TIK tahun anggaran 2020 di SLB Negeri Banjarnegara.
Tujuan Monitoring dan Evaluasi
Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk memastikan bahwa alat TIK yang telah disediakan digunakan secara efektif dan optimal dalam proses pembelajaran.
Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi kendala-kendala yang dihadapi oleh para guru dan siswa dalam penggunaan alat TIK serta memberikan rekomendasi untuk perbaikan dan pengembangan lebih lanjut.
Proses Monitoring dan Evaluasi
Proses monitoring dan evaluasi dilakukan secara sistematis dengan melibatkan berbagai pihak, termasuk guru, siswa, dan tenaga kependidikan di SLB Negeri Banjarnegara.
Tim dari Inspektorat Jenderal Kemdikbud yaitu Bapak Bahari Mulawarman, Rosdiar P. Piliang dan Rangga ASP, mengunjungi SLB Negeri Banjarnegara untuk melakukan observasi langsung terhadap penggunaan alat TIK di dalam kelas.
Selain itu, dilakukan juga wawancara dengan guru dan siswa untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang pengalaman mereka dalam menggunakan alat TIK.
Data yang diperoleh dari kuesioner, wawancara, dan observasi dikumpulkan dan dianalisis untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan alat TIK.
Hasil dari monitoring dan evaluasi disusun dalam bentuk laporan yang mencakup temuan-temuan utama, analisis data, serta rekomendasi untuk perbaikan.
Hasil Monitoring dan Evaluasi
Hasil dari kegiatan monitoring dan evaluasi ini menunjukkan bahwa penggunaan alat TIK di SLB Negeri Banjarnegara telah memberikan dampak positif terhadap proses pembelajaran.
Beberapa temuan utama dari kegiatan ini antara lain:
Peningkatan Motivasi Belajar: Siswa menunjukkan peningkatan motivasi belajar ketika menggunakan alat TIK dalam proses pembelajaran. Mereka merasa lebih tertarik dan terlibat aktif dalam kegiatan belajar mengajar.
Peningkatan Keterampilan Teknologi: Penggunaan alat TIK membantu siswa untuk meningkatkan keterampilan teknologi mereka, yang sangat penting dalam era digital saat ini.
Kegiatan monitoring dan evaluasi penggunaan alat TIK di SLB Negeri Banjarnegara ini merupakan langkah penting dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan bagi siswa berkebutuhan khusus.
Dengan dukungan yang tepat, diharapkan penggunaan alat TIK dapat terus ditingkatkan sehingga memberikan manfaat yang maksimal bagi proses pembelajaran.